Balai POM di Manokwari Selenggarakan Pelatihan Instrumen Spektro Nano dan Verifikasi serta Validasi metode DNA Spesifik.

26-01-2024 Manokwari Dilihat 171 kali

Manokwari - Balai POM di Manokwari menyelenggarakan pelatihan instrumen Spektro Nano dan Verifikasi serta Validasi metode DNA Spesifik di Laboratorium Mikrobiologi pada tanggal 23 – 24 Januari 2024. Pendampingan Verifikasi dan validasi metode DNA spesifik spesies menggunakan alat spektro nanometer oleh PT. Besha Analitika. Pada kegiatan ini selain staf Laboratorium Mikrobiologi juga diikuti oleh seluruh staf dari 4 Laboratorium Balai POM di Manokwari yaitu Laboratorium Obat, Laboratorium Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan, Laboratorium Kosmetik dan Laboratorium Kimia Pangan Olahan dan Air. Alat Spektro nanometer ini selain dapat mendeteksi DNA juga dapat menganalisis Lipid, Karbohodrat dan Protein.

Dengan adanya pelatihan dan verifikasi dan atau validasi ini diharapkan metode analisis untuk mendeteksi dan menganalisis DNA spesifik pada spesies dapat diterapkan di Laboratorium Mikrobiologi Balai POM di Manokwari serta memberikan pengetahuan dan peningkatan kompetensi personil dalam penggunaan alat spektro nanometer tersebut.  

Sarana