Balai POM Manokwari Terima Plakat Tanda Apresiasi atas Pelatihan Teknik Pengujian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) secara Kimia dan Mikrobiologi di Balai POM di Manokwari dari PT Perdana Intim Pusaka (Aquvit)

18-05-2024 Manokwari Dilihat 163 kali

Manokwari (08/05/2024) - Balai POM Manokwari menerima plakat dari PT Perdana Intim Pusaka (Aquvit) yang diserahterimakan dari Ketua Tim Pengujian kepada Kepala Balai POM di Manokwari, Agustince Werimon pada agenda rutin Apel Disiplin Bulan Mei. Sehari sebelumnya plakat langsung diserahkan oleh Perwakilan dari PT Perdana Intim Pusaka kepada Tim Pengujian Balai POM di Manokwari. Plakat ini merupakan bentuk apresiasi terhadap Balai POM di Manokwari atas diselenggarakannya Pelatihan Teknik Pengujian Air Minum dalam Kemasan (AMDK) secara Kimia dan Mikrobiologi pada tanggal 28 Agustus hingga 1 September 2023. Tidak hanya itu, kegiatan pelatihan/bimbingan teknis kepada pelaku usaha/pihak eksternal ini merupakan salah satu upaya penajaman inovasi dari Balai POM di Manokwari yaitu Gerakan Pengambangan Masyarakat Papua Barat (Gerbang Mas Papua).

Adapun latar belakang dari tercetusnya inovasi Gerbang Mas Papua adalah sebagai semangat dan implementasi visi Badan POM pertama dan kedua yakni Membangun SDM unggul terkait Obat dan makanan dengan mengembangkan kemitraan bersama seluruh komponen bangsa dalam rangka peningkatan kualitas manusia Indonesia serta memfasilitasi percepatan pengembangan dunia usaha Obat dan Makanan dengan keberpihakan terhadap UMKM, dalam rangka membangun struktur ekonomi yang produktif dan berdaya saing untuk kemandirian bangsa.

Kegiatan Pelatihan Teknik Pengujian tersebut telah selesai dilaksanakan dengan jumlah peserta sebanyak 5 orang yang terdiri dari pimpinan dan staf perusahaan Perdana Intim Pusaka. Peserta pelatihan mendapatkan materi terkait SNI 3554: 2015 dilanjutkan dengan melakukan praktik pengujian air di Laboratorium Pangan Olahan dan Air serta Laboratorium Mikrobiologi. Kegiatan Pelatihan ini memberikan pengetahuan kepada personel/analis terkait standar pengujian air baku dan air produk jadi.

Dengan adanya kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat mengurangi biaya produksi dari perusahaan, sehingga sampel yang awalnya dilakukan pengujian oleh laboratorium di luar perusahaan (salah satunya di BPOM Manokwari) sekarang sudah dapat dilakukan pengujian secara mandiri oleh analis atau quality control dari perusahaan tersebut dengan memanfaatkan fasilitas yang sudah tersedia.

Sarana