BENTUK DESA PANGAN AMAN, BPOM DI MANOKWARI BERSINERGI DENGAN PEMDA KABUPATEN TELUK WONDAMA

26-01-2024 Manokwari Dilihat 143 kali

Teluk Wondama - Kamis (25/01/2024) , Kelompok Substansi Informasi dan Komunikasi (Infokom) Balai POM di Manokwari melaksanakan koordinasi dengan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat yang diwakili oleh Plt. Kepala Bidang Pemdes, Barnabas Desianto bersama Kepala Kampung Wasior II Distrik Wasior dan Kepala Kampung Wondiboi Distrik Wondiboi di ruang pertemuan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung.

Koordinasi ini dalam upaya untuk membentuk Desa Pangan Aman tahun 2024 di Kampung Wasior II dan Kampung Wondiboi Kabupaten Teluk Wondama. Tim infokom BPOM Manokwari berdiskusi dan memberikan penjelasan terkait rencana pelaksanaan tahapan Program Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) tahun 2024 yang akan dimulai dengan advokasi, pelatihan kader keamanan pangan desa dan pre intensifikasi, bimbingan teknis komunitas, monitoring dan evaluasi serta post intensifikasi dan lomba desa pangan aman di dua kampung tersebut.

Terpilihnya kampung Wasior II dan kampung Wondiboi sebagai lokus intervensi keamanan pangan merupakan hasil audiensi dan koordinasi tim Infokom BPOM Manokwari dengan Sekda Kabupaten Teluk Wondama, Aser Waroy, bersama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Teluk Wondama, dan dinas terkait pada Rabu (24/01/2024), dimana kedua kampung tersebut termasuk kategori desa stunting dan diharapkan setelah pelaksanaan program GKPD ini kader-kader keamanan pangan yang telah dilatih BPOM Manokwari dapat membantu masyarakat kampung mengimplementasikan keamanan pangan di desanya masing-masing.

Sarana