BPOM di Manokwari Melaksanakan Pelatihan Keamanan Pangan Desa (KKPD) dan Pre-Intensifikasi GKPD di Kabupaten Sorong Selatan

28-04-2024 Manokwari Dilihat 126 kali

Teminabuan (25/04/2024) - Balai POM di Manokwari melaksanakan kegiatan Pre-Intensifikasi dan Pelatihan Keamanan Pangan Desa (KKPD) di Aula Universitas Werisar, Teminabuan dan dihadiri oleh 51 peserta yang terdiri dari Tim KPD (Keamanan Pangan Desa) dan calon Kader Keamanan Pangan Desa dari Kampung Srer Distrik Seremuk dan Kampung Keyen Distrik Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan. Kegiatan ini mengundang Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (PMK) dalam hal ini diwakili oleh Kabid Pemberdayaan Masyarakat Kampung dan Kelurahan Dinas PMK Kabupaten Sorong Selatan, Yahya Way, S.Sos. untuk memberikan sambutan sekaligus yang membuka acara.

Dalam sambutannya, Yahya menyampaikan bahwa Pelaksanaan Desa Pangan Aman perlu disesuaikan dengan kebijakan pemerintah saat ini dengan bertujuan untuk mendukung pencapaian target pemerintah salah satunya program perecepatan penurunan stunting.

Materi terkait Stunting disampaikan oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong Selatan, Yulina Wugaje, Amd.Keb., dan beberapa materi lainnya disampaikan oleh Tim Fungsi Infokom (Informasi dan Komunikasi) Balai POM di Manokwari. Selain pemaparan materi juga dilakukan microteaching yaitu simulasi dan praktek pengujian dengan menggunakan test kit uji cepat untuk mendeteksi bahan berbahaya dengan 4 parameter uji yaitu Formalin, Boraks, Rodhamin B dan Methanil Yellow terhadap sampel yang telah disampling oleh calon kader di Kampung Srer dan Kampung Keyen.

Setelah mengikuti bimtek ini diharapkan para kader keamanan pangan desa dari dua kampung tersebut dapat melakukan pengawasan mandiri di kampungnya dan memahami pentingnya menjaga serta memastikan keamanan pangan yang akan dikonsumsi.

Sarana