BPOM Manokwari Gelar Sosialisasi Keamanan Pangan Sekolah di Kabupaten Teluk Wondama

17-05-2024 Manokwari Dilihat 171 kali

Wasior (16/05/2024) - Balai POM di Manokwari menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Keamanan Pangan Sekolah, bertempat di aula Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Pertemuan ini dihadiri perwakilan dari 4 sekolah intervensi dan 30 sekolah perluasan program prioritas nasional Pangan Jajanan yang dikonsumsi Anak usia Sekolah (PJAS) Aman. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dalam rangka mewujudkan kemandirian komunitas sekolah dalam melindungi diri dari peredaran PJAS yang tidak aman dan tidak bermutu/tidak layak untuk dikonsumsi.

Melalui sosialisasi ini diharapkan komunitas sekolah dapat memperoleh akses informasi keamanan pangan yang valid. Sosilasisasi keamanan pangan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman komunitas sekolah terhadap keamanan pangan dan pada akhirnya diharapkan dapat membentuk perilaku yang sadar tentang keamanan pangan yang baik. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas di lingkungan sekolah. Salah satu upaya mewujudkan SDM ini adalah dengan menyediakan pangan yang akan dikonsumsi komunitas sekolah dalam kondisi aman, bermutu, bergizi dan layak untuk dikonsumsi.

Pangan yang beredar saat ini, termasuk pangan yang dijajakan di kantin sekolah dan atau di lingkungan sekolah merupakan pangan yang dihasilkan oleh industri pangan, termasuk industri rumah tangga pangan (IRTP) dan pangan yang dihasilkan oleh jasa boga yang disebut pangan siap saji. Keamanan dan mutu produk pangan yang beredar/dijual di sekitar sekolah ditentukan oleh kebijakan sekolah, tingkat pengetahuan dan kepedulian penyedia PJAS yang ada di lingkungan sekolah di Kabupaten Teluk Wondama.

Sarana