BPOM Manokwari Laksanakan Bimtek CPOTB sebagai Bentuk Komitmen Pendampingan Pelaku Usaha UMKM Obat Tradisional

21-05-2024 Manokwari Dilihat 141 kali

Fakfak (16/05/2024) - Balai POM di Manokwari melaksanakan Bimbingan Teknis Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) bagi Pelaku Usaha UMKM Obat Bahan Alam di Kabupaten Fakfak dan dikuti oleh 16 peserta secara luring.


Kegiatan dibuka oleh kepala Balai POM di Manokwari, Agustince Werimon, S. Farm., Apt. secara daring. Dalam sambutannya, Agustince menyampaikan bahwa CPOTB merupakan pedoman atau acuan dalam hal pembuatan produk obat bahan alam. Tujuannya adalah agar produk-produk yang dihasilkan aman dan bermutu serta terhindar dari kontaminasi dan kontaminasi silang sehingga dengan demikian dapat meningkatkan kepercayaan konsumen serta meningkatkan daya saing industri, baik secara lokal maupul global.

Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Balai POM di Manokwari dalam mendampingi pelaku usaha UMKM Obat Bahan Alam agar memahami cara pembuatan obat tradisional yang baik dalam rangka mendapatkan izin edar BPOM sehingga meningkatkan daya saing produk unggulan Provinsi Papua Barat khususnya obat bahan alam.

Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) adalah aspek kegiatan pembuatan obat tradisional yang bertujuan untuk menjamin agar produk yang dihasilkan senantiasa memenuhi persyaratan mutu yang ditetapkan sesuai dengan tujuan penggunaannya.

Dalam hal Usaha Kecil Obat Tradisional (UKOT) dan Usaha Mikro Obat Tradisional (UMOT) belum dapat memenuhi persyaratan CPOTB secara menyeluruh, UKOT atau UMOT dapat mengajukan sertifikasi CPOTB bertahap.

Dalam kesempatan ini peserta Bimtek CPOTB mendapatkan sejumlah materi antara lain terkait Perizinan Usaha Berbasis OSS; Higiene Sanitasi; “Prinsip Denah Usaha Mikro Kecil Obat Tradisional (UMOT & UKOT); Pengenalan Dokumen Registrasi Produk Obat Tradisional.
Melalui kegiatan Bimtek ini, diharapan UMKM obat bahan alam dan kosmetik di Kabupaten Fakfak dapat lebih kompeten, lebih maju dan semakin berwawasan luas sehingga tujuan-tujuan yang diharapkan dapat tercapai.

Sarana