BPOM Manokwari Laksanakan Exit Meeting Audit Internal Sistem Manajemen Terintegrasi untuk Peningkatan Kualitas Manajemen

20-06-2024 Manokwari Dilihat 118 kali

Manokwari (12/06/2014) – Plh. Kepala Balai POM di Manokwari, Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Mahendra Ayu Wardhani, S.Farm., Apt. menutup kegiatan Audit Internal Sistem Manajemen Terintegrasi yang telah dilaksanakan pada tanggal 10 hingga 12 Juni 2024. Acara penutupan dilakukan pada aula BPOM di Manokwari, dengan dihadiri oleh seluruh pegawai dan tim Auditor Internal dari BPOM di Kendari dan BPOM di Manokwari.

Kegiatan Audit Internal merupakan pemeriksaan secara mandiri untuk mengetahui ketaatan organisasi dalam melaksanakan kebijakan dan manajemen yang berlaku. Tiap tahun secara rutin dilakukan kegiatan Audit Internal secara cross audit, yang hasilnya dapat terlihat pada upaya melakukan evaluasi dan perbaikan berkesinambungan atau “continuous improvement” pada sistem manajemen.

Pelaksanaan audit tahun ini merupakan audit terhadap Sistem Manajemen Terintegrasi (Integrated Management System) yang telah diimplementasikan di lingkungan Badan POM sesuai dengan Keputusan Kepala Badan Pengawas Obat Dan Makanan Nomor 133 Tahun 2024, dengan tujuan integrasi proses bisnis, risiko dan audit, sehingga sistem yang diterapkan bisa menjadi lebih efektif dan efisien.

Audit yang dilaksanakan pada BPOM di Manokwari, meliputi penerapan Sistem Manajemen Mutu (Quality Management System) ISO 9001:2015; Sistem Manajemen Laboratorium SNI/IEC 17025:2017 dan Sistem Manajemen Anti Penyuapan SNI ISO 37001:2016. Berdasarkan hasil audit selama 3 hari, disimpulkan bahwa Balai POM di Manokwari telah mengimplementasikan ketiga standar ISO tersebut dengan baik dan berkesinambungan, namun masih terdapat beberapa masukkan dari Auditor untuk perbaikan tata kelola dan bisnis proses yang bertujuan untuk semakin meningkatkan kualitas manajemen Balai POM di Manokwari.

Sarana