BPOM Manokwari Lakukan Advokasi Komitmen Pemda dan Penandatanganan MoU dengan Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama

03-03-2024 Manokwari Dilihat 144 kali

Wasior (29/02/2024) – Balai POM di Manokwari melaksanakan Forum Advokasi Komitmen Pemda dan Lintas Sektor dalam rangka pelaksanaan Program Prioritas Nasional Badan POM Tahun 2024 yaitu Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD), Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas (PPABK) dan Pangan Jajanan yang Dikonsumsi Anak Usia Sekolah (PJAS) di Kabupaten Teluk Wondama yang dirangkaikan dengan Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Wondama.

Acara diawali dengan sambutan Kepala Balai POM di Manokwari, Agustince Werimon, S.Farm., Apt dan dibuka secara resmi oleh Bupati Teluk Wondama, Ir. Hendrik S. Mambor, MM. Pada kesempatan tersebut Kepala Balai POM di Manokwari menyampaikan materi terkait Forum Advokasi Komitmen Pemda dan Lintas Sektor serta Pelaksanaan GKPD, PPABK dan PJAS di Provinsi Papua Barat. Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Badan Pengawas Obat dan Makanan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Wondama serta penandatanganan Komitmen Bersama sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah untuk menyukseskan pelaksanaan program prioritas nasional GKPD, PPAK dan PJAS.

Nota Kesepahaman ini dimaksudkan sebagai pedoman dan untuk meningkatkan hubungan kemitraan dalam pengawasan Obat dan Makanan yang sinergis antara Balai POM di Manokwari dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Wondama berdasarkan asas kesetaraan, niat baik, saling membantu, saling menguntungkan dan perlakuan secara adil.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik serta pimpinan/perwakilan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dan stakeholder terkait antara lain Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Badan Pendapatan Daerah, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kepala Bidang Perindustrian, Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Kepala Bidang Perkebunan, Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Kepala Distrik Wasior, Sekretaris Distrik Wondiboy, Kepala Kampung Wasior II dan Kepala Kampung Wondiboy.

Pada kesempatan tersebut para pimpinan OPD juga menyampaikan rencana kegiatan dan program daerah yang bisa disinergikan bersama sehingga hasil yang didapatkan lebih optimal. Balai POM Mabokwari selaku Unit Pelaksana Teknis BPOM di daerah diharapkan dapat melakukan upaya persuasi melalui advokasi untuk menggalang komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota tentang pentingnya berbagi tanggung jawab untuk memastikan keamanan pangan pada setiap titik rantai pangan sesuai dengan perannya.

Melalui Advokasi dan Penandatangan Nota Kesepahaman ini diharapkan dapat menjadi platform untuk memberikan dorongan positif bagi Badan POM juga Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Wondama untuk memberikan pelayanan publik terbaik, berkualitas, cepat, mudah dan terjangkau kepada masyarakat dalam memperoleh informasi, melakukan konsultasi, menyampaikan pengaduan dan khususnya pendampingan pelaku usaha UMKM di Kabupaten Teluk Wondama.

Sarana