BPOM Manokwari Lakukan Advokasi Pro PN Keamanan Pangan 2024 di Sorong Selatan

20-02-2024 Manokwari Dilihat 140 kali

Teminabuan (19/02/2024) - BPOM di Manokwari melakukan advokasi bersama pemangku kepentingan di Kabupaten Sorong Selatan. Kegiatan ini dalam rangka menggalang komitmen Pemerintah Daerah dan lintas sektor terhadap pelaksanaan Program Prioritas Nasional (Pro PN) Keamanan Pangan BPOM dimana Kabupaten Sorong Selatan terpilih sebagai salah satu lokus kegiatan intervensi Pro PN Keamanan Pangan Tahun 2024 oleh Balai POM di Manokwari.

Acara advokasi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sorong Selatan, Ir. Dance Nauw, SP, MSi., IPM yang didampingi Kepala Loka POM di Kabupaten Sorong, Dandim 1807 Sorong Selatan dan Kapolres Sorong Selatan. Turut hadir memberikan sambutan secara daring Kepala Balai POM di Manokwari, Agustince Werimon, S.Farm., Apt.

Kegiatan diikuti 34 peserta yaitu para pimpinan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Kabupaten Sorong Selatan antara lain Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Kominfo,  perwakilan Distrik Seremuk dan Distrik Moswaren, Kepala Kampung Srer, Kepala Kampung Kamisabe serta Kepala Pasar Sentral Kajase dan diawal acara peserta melakukan penandatangan komitmen bersama sebagai bentuk dukungan pelaksanaan Pro PN.

Dalam sambutannya, Agustince menegaskan bahwa pemenuhan kebutuhan pangan merupakan hak asasi setiap individu dan Badan POM tidak dapat bekerja sendiri dalam memastikan ketersediaan pangan yang aman dan bermutu. Oleh karena itu, diperlukan upaya kolaboratif bersama pemangku kepentingan. Diharapkan program Keamanan Pangan ini dapat direplikasi oleh pemerintah daerah Kabupaten Sorong Selatan.

Direktur Pemberdayaan Masyarakat, Pelaku Usaha dan Pangan Olahan Badan POM RI, Ema Setyawati S.Si., Apt. ME, hadir secara daring sebagai narasumber yang menyampaikan materi terkait upaya peningkatan efektifitas pengawasan pangan melalui sinergisme pengawasan di tingkat pusat dan daerah. Materi selanjutnya terkait Pelaksanaan Pro PN BPOM Manokwari di Kabupaten Sorong Selatan disampaikan oleh Kepala Loka POM di Kabupaten Sorong, Rizki Okprastowo, S.Farm., Apt.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan tercipta upaya bersama untuk meningkatkan keamanan pangan di Kabupaten Sorong Selatan dan mendukung upaya nasional dalam mencapai Pro PN Keamanan Pangan Tahun 2024.

Sarana