BPOM Manokwari Lakukan Monev Implementasi Pasar (Pengawalan Tahun 2024) di Pasar Rufei.

02-06-2024 Manokwari Dilihat 114 kali

Sorong (29/05/2024) - Bersama Fasilitator Pasar, BPOM di Manokwari melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Implementasi Pasar (Pengawalan Tahun 2024) di Pasar Rufei Kota Sorong. Kegiatan ini dilakukan dengan melakukan pengambilan contoh dan pengujian oleh fasilitator pasar.

Pangan yang disampling terdiri dari pangan segar, pangan siap saji maupun produk pangan olahan yang diduga mengandung bahan berbahaya yang selanjutnya dilakukan pengujian cepat menggunakan rapid test kit. Pengambilan contoh dilakukan terhadap 50 sampel yang terdiri dari 45 sampel untuk uji kimia dan 5 sampel untuk uji mikrobiologi.
Dari uji yang dilakukan dengan 4 parameter yaitu Formalin, Boraks, Rhodamin B dan Methanil Yellow tidak ditemukan sampel yang positif mengandung bahan kimia berbahaya.

Bahan berbahaya yang sering disalahgunakan dalam pangan tersebut mudah didapat dan diperjualbelikan di pasar secara bebas. Hal ini berpotensi pada kemungkinan peningkatan praktek penyalahgunaan bahan berbahaya dalam pangan. Fasilitator pasar yang telah dilatih diharapkan aktif dalam melakukan pengawasan dan penyuluhan kepada pedagang pasar secara mandiri sehingga tidak ditemukan pangan yang positif mengandung bahan berbahaya dan masyarakat Kota Sorong aman dari makanan yang beresiko terhadap kesehatan.

Sarana