BPOM Manokwari Lakukan Survei Pasar Kajase Lokus Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas Tahun 2024

19-01-2024 Manokwari Dilihat 143 kali

Sorong Selatan – Kamis (18/01/2024) Balai POM di Manokwari melakukan survei Pasar Kajase di Kabupaten Sorong Selatan dengan pendampingan dari Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sorong Selatan bersama Kepala Pasar. 

Pasar Kajase merupakan pasar lokus intervensi kegiatan Program Prioritas Nasional (Pro-PN) Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas (PPABK) tahun 2024. 

Survei pasar ini merupakan tahap awal dari rangkaian pelaksanaan Pro-PN PPABK. Survei dimaksudkan untuk melakukan penilaian terhadap pengelolaan fasilitas pasar khususnya terkait sanitasi dan higiene serta pendataan pedagang pasar dan produk yang dijualnya dalam rangka identifikasi pedagang, bahan berbahaya dan pangan yang diduga mengandung bahan berbahaya yang selanjutnya direkapitulasi dan dibagi menjadi 4 kelompok pedagang pangan yang menjadi salah satu kriteria pemilihan pasar yang akan diintervensi tahun 2024.
 
Program PPABK di Kabupaten Sorong Selatan ini akan dilaksanakan bersama lintas sektor terkait serta perlu didukung oleh komunitas pasar dalam menerapkan keamanan pangan di lingkungan pasar. Hal ini dikarenakan pasar merupakan tempat utama masyarakat mendapatkan bahan makanan atau pangan yang akan dikonsumsi. Sehingga perlu adanya komitmen dari berbagai pihak untuk mewujudkan pasar tradisional yang sehat dan menyediakan pangan yang aman bagi masyarakat serta memastikan pangan bebas dari bahan berbahaya.

Sarana