BPOM MANOKWARI OPTIMALKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI SINERGITAS DAN KOLABORASI DI FORUM KONSULTASI PUBLIK

08-02-2024 Manokwari Dilihat 164 kali

Balai POM di Manokwari selenggarakan KIE Obat dan Makanan serta Forum Konsultasi Publik (FKP) tahun 2024 dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik untuk menyempurnakan sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang adil, transparan, dan akuntabel menuju Pelayanan Prima bertempat di Aston Niu Manokwari Hotel & Conference Center, Rabu (02/02/2024)

Kegiatan FKP ini diikuti 49 peserta yang terdiri dari Kepala Ombudsman, perwakilan Badan Narkotika Nasional, Bea Cukai, Kantor Pelayanan Pajak, Kanwil Agama, Bank Indonesia, perwakilan anggota Forkopimda (Kejati, Polda Papua Barat, dan Polresta Manokwari), perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup pemerintah Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Manokwari, perwakilan pelaku usaha (Dekranasda, Aspadin, dan Iwapi), akademisi (Unipa dan STIH), organisasi profesi (PC IAI Manokwari), organisasi masyarakat (Ikaswara dan IWSS), organisasi wanita (Persit Kodim, Aisyiah, Salimah, dan IWSS), serta perwakilan pers (RRI, TVRI, Tabura Pos).

Acara dibuka oleh Kepala Balai POM di Manokwari, Agustince Werimon, S.Si., Apt. yang didampingi oleh Kepala Ombudsman RI Perwakilan Papua Barat, Musa. S. Dalam sambutannya, Agustince menyatakan bahwa adanya standar pelayanan publik memberikan keterbukaan akses informasi kepada masyarakat sehingga dalam sebuah pelayanan baik persyaratan, prosedur, biaya dan jangka waktu dapat diukur dan diketahui masyarakat tanpa mengalami kebingungan serta menuntut pengawasan masyarakat dalam penyelenggaraannya.

Materi terkait Profil Balai POM di Manokwari dan Standar Pelayanan Publik Balai POM di Manokwari disampaikan oleh Agustince kemudian dilanjutkan dengan diskusi aktif bersama peserta FKP yang antusias bertanya dan menyampaikan masukan, usulan serta saran perbaikan untuk meningkatkan pelayanan publik Balai POM di Manokwari.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama terhadap dukungan Penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) di Lingkungan BPOM Manokwari serta penandatangan Berita Acara FKP.

Diharapkan melalui Forum Konsultasi Publik ini, Balai POM di Manokwari dapat memperbaiki dan terus meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan mewujudkan akuntabilitas kinerja, meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Badan Pengawas Obat dan Makanan serta meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak, khususnya pentaheliks yang hadir pada FKP ini.

Sarana