BPOM Manokwari Sapa Masyarakat melalui Talkshow di RRI Pro 1 Manokwari

26-05-2024 Manokwari Dilihat 117 kali

Manokwari (24/05/2024) - Kepala Balai POM di Manokwari, Agustince Werimon, S.Farm., Apt. melakukan talkshow dan dialog interaktif melalui Radio Republik Indonesia (RRI) Pro 1 Manokwari. Talkshow ini dilakukan untuk memperluas cakupan Komunikasi, Informasi dan Edukasi tentang Obat dan Makanan khususnya bagi masyarakat di Papua Barat & Papua Barat Daya. Agustince mengenalkan tugas dan kewenangan Badan POM dalam hal ini Balai POM Manokwari sebagai UPT BPOM di Provinsi Papua Barat dalam mengawasi Obat dan Makanan aman.

BPOM Manokwari melakukan tugas dan fungsinya dalam pengawasan Obat dan Makanan yakni dengan melakukan pengawasan pre market dan post market terhadap semua produk mencakup Obat, Obat Tradisional/Obat Bahan Alam, Kosmetik, Suplemen Kesehatan dan Pangan Olahan. Dalam kaitannya dengan pengawasan post market, BPOM Manokwari bekerjasama dengan dinas terkait seperti Disperindag dan Dinas Kesehatan. BPOM Manokwari juga berkolaborasi dan bersinergi dengan lintas sektor terkait dalam rangka mendorong penurunan angka stunting melalui program pemberdayaan masyarakat di Papua Barat dan Papua Barat Daya. "Selain itu BPOM Manokwari juga melakukan pendampingan pelaku usaha UMKM dalam rangka mendapatkan izin edar BPOM melalui inovasi Daun Bungkus (Pendampingan UMKM Unggul dan Sukses) serta inovasi Petik Sukun Digital (Pendampingan Tematik Sertifikasi UMKM Pangan Lokal Unggulan Negeri Secara Digital) khususnya demi meningkatkan daya saing produk UMKM lokal spesifik Papua Barat" kata Agustince.


Dalam kesempatan tersebut, Agustince juga menegaskan bahwa informasi yang tertera pada label produk obat, obat tradisional/obat bahan alam, kosmetik, suplemen kesehatan dan pangan olahan sangat penting untuk dicermati. Jadilah konsumen yang cerdas dengan selalu melakukan CEK KLIK, yaitu Cek Kemasan, Label, Izin edar dan Kedaluwarsa sebelum membeli atau mengkonsumsi suatu produk. Agustince berharap, masyarakat khususnya pendengar RRI dapat melakukan pengecekan keabsahan izin edar yang tercantum pada kemasan produk dan klarifikasi berita hoaks menggunakan aplikasi BPOM MOBILE yang dapat diunduh via appstore maupun play store.

Sarana