GENCARKAN PENGAWASAN TAKJIL, BALAI POM MANOKWARI MELAKSANAKAN INTENSIFIKASI PENGAWASAN TAKJIL DI KABUPATEN KAIMANA

26-03-2024 Manokwari Dilihat 159 kali

Kaimana - Setelah melaksanakan intensifikasi pengawasan takjil di Kabupaten Fakfak, BPOM Manokwari melanjutkan intensifikasi pengawasan takjil di Kabupaten Kaimana. Hal ini tentunya untuk menjaga takjil yang di konsumsi oleh masyarakat aman (21/03/2024).

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana, Arifin, menyatakan dukungannya atas kegiatan ini. Beliau menyoroti kurangnya kebersihan dalam penjualan takjil oleh beberapa pedagang, dan menyatakan perlunya memberikan edukasi kepada mereka terkait praktik yang lebih higienis.

Intensifikasi pengawasan takjil ini terdiri dari kegiatan sampling dan pengujian dengan rapid test. Kegiatan sampling dilakukan di tiga titik yaitu Pasar Krooy, Pujasera dan Taman Kota Kaimana. Sampling dilakukan terhadap 15 pedagang takjil dan didapat 21 sampel takjil yang kemudian akan diuji.

Parameter uji yang dilakukan terhadap 21 sampel tersebut yakni Methanil Yellow, Rhodamin B, Borax dan Formalin.
Dari hasil pengujian tersebut sampel memberikan hasil negatif untuk semua uji parameter.

Selain kegiatan pengawasan takjil, BPOM Manokwari juga melaksanakan komunikasi, informasi dan edukasi kepada para pedagang takjil. Penyebaran informasi juga diberikan dengant pemberian brosur, leaflet dan stiker CEKKLIK

Sarana