Intensifikasi Pangan Olahan di Bulan Ramadhan dan Menjelang Idul Fitri Kabuapten Fakfak

26-03-2024 Manokwari Dilihat 178 kali

Fakfak (19/03/2024) Balai POM di Manokwari didampingi oleh lintas sektor Dinas Kesehatan dan Disperindag Kabupaten Fakfak, melakukan rangkaian kegiatan Intensifikasi Pangan Olahan di bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri 1445 H.

Intensifikasi pengawasan pangan bertujuan untuk memastikan mutu dan keamanan pangan olahan. Gudang Produk Pangan Olahan ini sebagai tempat penyimpanan dan distribusi produk pangan olahan yang pertama, sebelum di distribusikan ke pengecer. Fokus pemeriksaan intensifikasi ini pada produk pangan olahan terhadap pangan yang Tidak Memenuhi Ketentuan seperti (Rusak, Kedaluwarsa, Tanpa Izin Edar/TIE). Selain itu juga pengawasan dilakukan terhadap penerapan cara penyimpanan produk pangan olahan sesuai dengan peraturan pada sarana distribusi, agar masyarakat terlindungi pangan yang aman dan bermutu.

Hasil pengawasan ditemukan masih adanya produk pangan rusak dan atau kedaluwarsa yang masih tercampur tetapi telah ditindaklanjuti oleh pemilik sarana dengan pemusnahan ditempat, serta terhadap produk tanpa izin edar yang merupakan produk local diberikan edukasi agar produsen mengurus izin edar produk sebelum diedarkan.

Sarana