Kajian Rutin di Lingkungan Balai POM di Manokwari

13-03-2024 Manokwari Dilihat 141 kali

Pada hari Jumat, tanggal 08 Maret 2024 bertempat di Aula Balai POM di Manokwari telah dilakukan Kajian Rutin untuk seluruh pegawai muslim Balai POM di Manokwari. Kegiatan Kajian Rutin ini diadakan satu kali setiap bulan untuk memfasilitasi para pegawai dalam pengembangan rohani dan keagamaan. Narasumber pada kajian kali ini adalah H. Abdul Rahman, S.Pd.I. yang membahas mengenai “Menyambut Bulan Suci Ramadhan”.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Bulan Ramadhan adalan bulan yang memiliki makna dan keistimewaan tersendiri bagi umat islam diseluruh dunia. Dalam pembukaan ceramah yang disampaikan oleh Ust. H. Abdul Rahman, S.Pd.I. yakni, Kurikulum orang beriman ‘ Jadikan sabar mu tanpa tepi, jadikan syukur mu tanpa tapi’. Bulan Ramadhan bulan yang penuh berkah. Dalam islam terdapat 3 bulan yang sangat besar keutamaan nya, yakni yang pertama adalah bulan Muharram (10 Muharram) dimana bulan ini adalah bulan nya Nabi Musa dimana Dakwah nya dimenangkan oleh Allah S.W.T dari genjaran Firaun, bulan ini dianjurkan untuk berpuasa . Yang kedua adalah bulan Dzulhijjah, bulan nya Nabi Ibrahim a.s dan Nabi Ismail a.s. , contoh amalan di bulan ini seperti Qurban dan Haji. Dan yang ketiga adalah bulan Suci Ramadhan( 10 Hari terakhir Ramadhan) , bulan ini sangat mulia bulan ini bulan nya Nabi Muhammad S.A.W bulan yang paling tinggi kemuliaan nya, karena dibulan ini ada 3 perkara besar yang terjadi hanya bulan suci Ramadhan yaitu Allah SWT membuka 8 pintu surga NYA, pintu Neraka di tutup oleh Allah SWT dan Syaitan-Syaitan di Belenggu. Beberapa amalan dibulan Suci Ramadhan yaitu Jaga Sholat 5 Waktu, Khatam Al-Quran, sedekah dan memperbanyak Istighfar. Pesan dari Ceramah pada pengajian ini, dalam menyambut Bulan suci Ramadhan hajat terbesar kita adalah untuk mendapat Rahmat dan Ridho Allah S.W.T Mari kita sambut bulan Suci Ramadhan ini dengan sungguh-sungguh demi meraih Rahmat dan Ridho NYA Allah SWT.

Di akhir sesi dilakukan tanya jawab terkait materi kajian yang disampaikan, juga pertanyaan terkait permasalahan rohani yang dihadapi oleh para pegawai sehari-hari.

Sarana