KOMUNIKASI, INFORMASI, EDUKASI DAN MOBLING DI SD YAPIS 01 MANOKWARI, PAPUA BARAT

18-05-2014 Manokwari Dilihat 4049 kali

        Pengetahuan dalam memilih Pangan Jajanan yang sehat, aman dan bergizi menjadi sangat penting bagi adik-adik kita di Sekolah Dasar. Tubuh yang sehat dan kuat merupakan modal utama dalam menunjang kegiatan belajar sekaligus investasi jangka panjang untuk masa depan mereka.

        Seiring berjalannya pengetahuan dan teknologi di bidang pangan, Balai POM di Manokwari sesuai dengan tugas dan fungsinya ikut mengawasi keamanan dan mutu pangan yang beredar di Provinsi Papua Barat khususnya dalam pengawasan Pangan Jajanan Anak Sekolah.

           Kunjungan Balai POM di Manokwari pada bulan Mei kali ini adalah memberikan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) dan Mobil Laboratorium Keliling (Mobling) kepada siswa-siswi mulai dari kelas 3, 4, 5, dan 6 di SD Yapis 01 Manokwari dalam cara memilih pangan jajanan yang sehat, aman, dan bergizi. Bersama-sama Kepala Sekolah Ibu Suwarni, S.Pd., Ibu Endang, dan guru-guru lain membantu menyulap ruangan kelas sebagai sarana KIE untuk anak-anak.

          Adi Rahmadi, S,Si., Apt sebagai petugas pun dengan semangat memberikan penjelasan kepada anak-anak mulai dari 5 (Lima) Kunci keamanan pangan, 3 (tiga) Bahaya pangan yaitu Bahaya Kimia, Bahaya Fisik, dan Bahaya Kuman (biologis) disertai dengan bernyanyi bersama lagu POMPI sekaligus memperkenalkan POMPI sebagai icon sahabat anak. Siswa-siswi SD Yapis 01 pun seakan tak ingin kalah dengan aktif menjawab pertanyaan yang diberikan tentang pengetahuan bahaya penggunaan pewarna kimia terlebih yang sering digunakan untuk pewarna Tekstil, antara lain Rhodamin B dan Methanil Yellow. Selain itu pun pengetahuan diberikan tentang bahaya formalin, boraks yang digunakan pada makanan.

            Puncak KIE adalah pengujian Pangan Jajanan Anak Sekolah yang sebelumnya telah di beli oleh Aan Sulistiawan, S.Farm., Apt dan Genoveva V, S.Si. Disaksikan oleh guru-guru beserta anak-anak, Aan Sulistiawan, S.Farm., Apt guna memeriahkan acaralayaknya seorang pesulap yang dengan bantuan test kit menguji pangan jajanan anak sekolah secara langsung. Pangan yang diuji adalah Martabak telur, Sosis, Tahu goreng, Saus dan Sambal, selain dari jenis pangan tadi, kami juga membeli pentolan, mie dll yang nantinya akan dilakukan pengujian di laboratorium.

         Pengujian meliputi test Formalin, Boraks, Rhodamin B dan Methanil Yellow. Hal ini adalah penting disebabkan dengan melihat secara langsung dapat menjadi pengetahuan bagi siswa-siswi untuk memilih pangan jajanan yang sehat, aman dan bergizi dikemudian hari. Kegiatan ini pun mendapat perhatian dari Televisi Lokal Papua Barat yakni TASINDO TV. Demikianlah yang dapat kami sampaikan semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Sarana