KOORDINASI PENGELOLAAN ARSIP STATIS BALAI POM DI MANOKWARI DENGAN DINAS PERPUSTAKAAN KEARSIPAN PROVINSI PAPUA BARAT

24-03-2024 Manokwari Dilihat 149 kali

Manokwari – Senin, 19 Maret 2024, Mahendra Ayu Wardhani,S.Farm.,Apt selaku Ketua Tim Pengelola Arsip beserta tim Pengelola Arsip Balai POM di Manokwari melakukan koordinasi terkait pengelolaan arsip dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Papua Barat Barnabas Dowansiba, S.Pd., M.Pd. Pertemuan yang mengambil tempat pada ruang rapat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Papua Barat dihadiri juga oleh Elias Wonggor, S.IP Selaku Kepala Bidang Arsip beserta staf.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan pembahasan terkait kerjasama penyerahan arsip statis BPOM di Manokwari kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Papua Barat. Kegaiatan penyerahan arsip statis ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan bahwa setiap unit pencipta arsip memiliki tugas melakukan penyerahan arsip statis ke lembaga kearsipan (pasal 18). Sedangkan pengamanan dan pelestarian arsip statis yang memiliki nilai guna sejarah, bukti keberadaan (evidential), informasional (informational), dan intrinsik (intrinsict) menjadi kewajiban lembaga kearsipan daerah (LKD) dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Pada umumnya, arsip statis sudah berakhir nilai gunanya sebagai bahan pertanggungjawaban kinerja (akuntabilitas) bagi unit pencipta arsip namun masih memiliki kegunaan yang lebih luas untuk kepentingan umum sebagai sumber informasi, bahan penelitian dan pembelajaran, atau nilai sejarah penyelenggaraan kearsipan di Lingkungan Badan POM.

Barnabas Dowansiba, S.Pd., M.Pd. menjelaskan “pengelolaan arsip membutuhkan payung hukum di daerah, sehingga semua pengelolaan arsip dapat mengacu pada aturan yang jelas. Maka setiap instansi diharapkan dapat bersama – sama melakukan pengelolaan arsip yang baik, sehingga arsip dapat menjadi rekam sejarah untuk anak cucu ke depannya”. Beliau juga mengharapkan adanya kerjasama dengan BPOM di Manokwari terkait sharing knowledge untuk meningkatkan SDM kearsipan pada kedua instansi.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama dan kunjungan ke Depo Arsip pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Papua Barat.

#arsipBPOM
#auditarsip2024
#BPOMRI

Sarana