Mengawal Keamanan Pangan di Pasar, BPOM Manokwari Melaksanakan Bimtek Pengelola Pasar Dan Pelatihan Fasilitator di Pasar Sentral Iriati, Kabupaten Teluk Wondama

16-05-2024 Manokwari Dilihat 146 kali

Wasior (13/05/2024) - BPOM di Manokwari melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelola Pasar dan Pelatihan Fasilitator Pasar di Pasar Iriati, Kabupaten Teluk Wondama. Kegiatan tersebut diikuti oleh pengelola pasar, perwakilan pedagang pasar dan perwakilan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Teluk Wondama.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM, Akto Prastoadi, S.Sos., MAP. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian tahapan Program Nasional Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas (PPABK) Tahun 2024 di Kabupaten Teluk Wondama. Diharapkan setelah mengikuti bimtek, fasilitator pasar yg telah dilatih dapat melakukan pengawasan mandiri terhadap keamanan pangan khususnya di Pasar Iriati.

Materi yang diberikan antara lain Identifikasi Pedagang Pasar Rakyat untuk Pengendalian Bahan Berbahaya, Pengetahuan Bahan Berbahaya, Identifikasi Pedagang Pasar dan Inventarisasi Bahan Berbahaya dan Pangan yang diduga mengandung Bahan Berbahaya, 5 kunci Keamanan Pangan di Sarana Peredaran, NIE Pangan, Cek KLIK dan Aplikasi BPOM Mobile serta Pengujian Cepat Identifikasi Bahan Berbahaya dan Pangan yang diduga mengandung Bahan Berbahaya.

Selain paparan materi juga dilakukan praktek sampling dan pengujian sampel yang diduga mengandung Bahan Berbahaya menggunakan test kit dengan parameter uji Formalin, Boraks, Rodhamin B dan Methanil Yellow. Hasil uji semua sampel yg diambil dari Pasar Sentral Iriati negatif bahan berbahaya.

Dalam sesi diskusi, peserta aktif bertanya dan memberikan masukan untuk kemajuan Pasar Sentral Iriati.

Sarana