Pasar Dulan Pokpok Fakfak Meraih Juara 3 Lomba Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas BPOM Tingkat Nasional Regional Timur

24-06-2024 Manokwari Dilihat 117 kali

Jakarta (21/07/2024) - Kepala Balai POM Manokwari, Agustince Werimon, S.Farm., Apt. bersama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Fakfak, Mohjak Rengen, S. Sos, M.Sda hadir mendampingi Kepala Pasar Dulan Pokpok Fakfak yang berhasil meraih Juara 3 untuk Regional Timur pada acara Pemberian Apresiasi Lomba Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas yang diselenggarakan di Gedung Merah Putih Badan POM. Acara dibuka oleh Plt. Kepala Badan POM, Dr. Dra. L.Rizka Andalusia, Apt., M. Pharm., MARS. dan Penyerahan Piagam Penghargaan dan Plakat kepada para pemenang lomba dilakukan oleh Plt. Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan, Ema Setyawati, S.Si., Apt., ME.

Badan POM telah menginisiasi program dan kegiatan di bidang keamanan pangan yang berbasis masyarakat yaitu Program Desa Pangan Aman, Program Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas serta Pangan Jajanan Anak Sekolah Aman. Program ini diintegrasikan melalui kegiatan Germas Sapa, yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Sadar Pangan Aman yang diluncurkan pada tahun 2017 oleh Menko PMK.

Salah satu implementasi program Germas Sapa adalah dilakukannya Lomba Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas (PPABK). Tahun 2024, salah satu pasar binaan Balai POM di Manokwari yang diintervensi keamanan pangan melalui program PPABK Tahun 2023 yaitu Pasar Dulan Pokpok Kabupaten Fakfak berhasil lolos 3 tahapan penilaian oleh tim juri dari beberapa kementerian/lembaga yaitu tahapan penilaian dokumen profil pasar, tahapan wawancara dan tahapan verifikasi lapang yang dilakukan sejak awal tahun 2024.

Melalui pencapaian ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi pemerintah daerah khususnya di wilayah Papua Barat agar dapat lebih bersemangat dan berkomitmen untuk meningkatkan kerjasama dan kolaborasi bersama Balai POM Manokwari khususnya dalam mewujudkan dan memastikan keamanan pangan di daerah, salah satunya dengan melakukan replikasi program keamanan pangan BPOM di kampung, sekolah ataupun pasar yang belum diintervensi.

Sarana