Pemeriksaan Rutin Saran Distribusi Obat dan Makanan serta Pendampingan UMKM Pangan Olahan di Kabupaten Fakfak

26-03-2024 Manokwari Dilihat 135 kali

Fakfak (20/03/2024) Balai POM Manokwari bersama perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak melakukan pemeriksaan rutin pada sarana distribusi obat.

Pemeriksaan rutin sarana distribusi obat tujuaan untuk memastikan obat dan obat tradisional dikelola dengan baik, dan memastikan produk yang beredar di kabupaten Fakfak adalah produk yang memiliki izin edar.


Pada kesempatan yang sama juga dilakukan pendampingan UMKM pangan olahan buah pala untuk dalam mendapatkan izin edar. Tujuan pendampingan UMKM Pangan Olahan yaitu membantu UMKM agar dapat menghasilkan produk yang berdaya saing dan memiliki Nomor Izin Edar (NIE). Balai POM di Manokwari berkomitmen dalam mendukung produk unggulan daerah dalam mendapatkan izin edar.
Melalui pengawasan dan pembinaan ini, diharapkan pelaku usaha pangan patuh terhadap peraturan perundang-undangan dalam menjalankan usahanya. Selain itu juga masyarakat harus menjadi konsumen cerdas dalam memilih pangan aman dengan selalu melakukan cek KLIK (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan Cek Kedaluwarsa) sebelum membeli atau mengkonsumsi pangan olahan.

Sarana