Pengawalan Keamanan Pangan Desa, Kelurahan Malawei, Kelurahan Malaingkedi dan Kelurahan Klamana di Kota Sorong

10-05-2024 Manokwari Dilihat 323 kali

Kota Sorong - BPOM di Manokwari melaksanakan kegiatan pengawalan terhadap 3 desa yang telah diintervensi Program GKPD (Gerakan Keamanan Pangan Desa) tahun 2023 di Kota Sorong yaitu Kelurahan Malawei, Kelurahan Malaingkedi dan Kelurahan Klamana dengan mengundang Tim Keamanan Pangan Desa (KPD) dan Kader Keamanan Pangan dari ketiga desa tersebut pada Rabu (08/05/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa program keamanan pangan masih berjalan dan dilaksanakan secara konsisten oleh Tim KPD dan Kader Keamanan Pangan yang telah dilatih agar dapat mengawal serta memastikan keamanan pangan di desanya masing-masing.

Dalam kegiatan ini, perwakilan tim KPD dan kader dari masing-masing kelurahan menyampaikan rencana aksi dan kegiatan yang telah dilaksanakan sepanjang tahun 2023-2024 yang berkaitan dengan mengingkatkan kesadaran masyarakat terkait keamanan pangan, antara lain sosialisasi keamanan pangan di posyandu, sekolah serta melakukan pengujian pangan secara mandiri menggunakan rapid test kit formalin, borax methanil yellow dan rhodamin b.

Diharapkan dengan pengawalan ini, kader dapat rutin menerapkan keamanan pangan dirumah dan/atau komunitasnya. Pemerintah daerah atau lintas sektor terkait juga diharapkan dapat mereplikasi program GKPD ini ke desa/kelurahan lain agar semakin banyak masyarakat yang paham akan pentingnya menerapkan dan memastikan keamanan pangan di lingkungan/komunitasnya masing-masing.

Sarana