Peningkatan Mutu Produk bagi Pelaku Usaha UMKM Kosmetik, Balai POM di Manokwari Melaksanakan Bimtek CPKB di Kabupaten Fakfak

22-05-2024 Manokwari Dilihat 133 kali

Fakfak (17/05/2024) - Balai POM di Manokwari melaksanakan Bimbingan Teknis Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB) bagi Pelaku Usaha UMKM Kosmetik di Kabupaten Fakfak dan dikuti oleh 18 peserta secara luring. Kegiatan Bimtek ini merupakan salah satu tahapan pendampingan pelaku usaha dan juga sebagai bentuk komitmen Balai POM di Manokwari dalam mewujudkan salah satu misi Badan POM, yakni memfasilitasi percepatan pengembangan dunia usaha Obat dan Makanan dengan keberpihakan terhadap UMKM dalam rangka membangun struktur ekonomi yang produktif dan berdaya saing untuk kemandirian bangsa.

CPKB adalah seluruh aspek kegiatan pembuatan Kosmetika yang bertujuan untuk menjamin agar produk yang dihasilkan senantiasa memenuhi persyaratan mutu yang ditetapkan sesuai dengan tujuan penggunaannya. Pengajuan Sertifikat CPKB dilakukan per bentuk sediaan. Pengajuan CPKB dapat dilakukan terhadap seluruh bentuk sediaan yang diproduksi atau sebagian sesuai dengan kebutuhan dan kesiapan.

Dalam kesempatan ini peserta Bimtek CPKB mendapatkan sejumlah materi antara lain terkait Denah Bangunan Industri Kosmetik; Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik; dan Tata Cara Notifikasi Kosmetik. Diharapkan setelah mengikuti bimtek ini para pelaku usaha UMKM Kosmetik dapat menerapkan CPKB dengan baik sehingga dapat memenuhi salah satu persyaratan untuk mendapatkan izin edar/notifikasi kosmetik dari Badan POM.

Sarana