Peningkatan Sinergi Pengawasan Obat dan Makanan antara Balai POM di Manokwari dengan Bea Cukai Manokwari

17-01-2024 Manokwari Dilihat 136 kali

Manokwari-Kepala Balai POM di Manokwari, Agustince Werimon, S.Farm., Apt., didampingi oleh Fungsi Penindakan melakukan kunjungan koordinasi ke Kantor Pengawasan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean C Manokwari bertemu langsung dengan Kepala Bea Cukai Manokwari, Didit Prayudi Sidharta  pada Rabu (17/01/2024).

Kunjungan ini dalam rangka silahturahmi dan koordinasi dalam memperkuat sinergi pengawasan obat dan makanan di Kabupaten Manokwari. Kepala Balai POM di Manokwari proaktif menjalin sinergi dengan Bea Cukai Manokwari terkait pengawasan obat dan makanan. Penguatan sinergi  pengawasan obat dan makanan yang masuk ke Manokwari dan pendampingan UMKM produk lokal untuk memperoleh izin edar dari Badan POM.

Kepala Bea Cukai Manokwari menyambut baik inisiasi peningkatan sinergi dari Kepala Balai POM di Manokwari dan mendukung pengawasan obat dan makanan yang dilakukan oleh Balai POM di Manokwari.

Pertemuan ini juga dibahas peluang strategi kerja sama dan pertukaran informasi sehingga meningkatkan kolaborasi Balai POM di Manokwari dengan lintas sektor terkait. Selain itu, juga dibahas mengenai dukungan dan intervensi yang dapat dilakukan oleh Balai POM di Manokwari dan Bea Cukai Manokwari dalam peningkatan produk lokal Manokwari yang dapat diekspor ke luar negeri yang dapat berkontribusi terhadap peningkatan daya saing dan perekonomian bangsa. Selanjutnya, koordinasi antara Balai POM di Manokwari dan Bea Cukai Manokwari juga dilakukan sebagai upaya penggalangan lintas sektor dalam memerangi obat dan makanan ilegal

Balai POM di Manokwari berkomitmen untuk melindungi masyarakat dari obat dan makanan yang dapat merugikan kesehatan.Balai POM di Manokwari juga terbuka untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait produk obat, obat tradisional, kosmetik, suplemen kesehatan dan pangan.

Balai POM di Manokwari menghimbau kepada masyarakat untuk ingat selalu CEK KLIK (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, Cek Kedaluarsa) sebelum membeli produk obat, obat tradisional, kosmetik, suplemen kesehatan dan makanan.

Satu tindakan untuk masa depan.

Sarana