RAPAT KOORDINASI DAN SOSIALISASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN APBN TAHUN ANGGARAN 2024 DI KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA MANOKWARI

31-01-2024 Manokwari Dilihat 142 kali

Manokwari - Senin (29/01/24). Seluruh satuan kerja di wilayah Manokwari diundang untuk menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi & Sosialisasi Kebijakan Pengelolaan APBN TA. 2024 di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Manokwari. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Balai POM di Manokwari, Agustince Werimon.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Kantor KPPN, Kurniawan Santoso memaparkan laporan dan evaluasi kinerja pengelolaan APBN TA. 2023 dari seluruh satker yang bernaung di wilayah KPPN Manokwari. Kepala Kantor KPPN, Kurniawan Santoso sangat mengapresiasi seluruh Pimpinan K/L/PD di wilayah KPPN Manokwari yang telah bekerja keras sehingga Nilai IKPA BUN TA. 2023 mencapai angka 93,60. Disampaikan bahwa nilai IKPA tersebut sangat memuaskan dan melebihi target yang ditetapkan. Kepala Kanwil DJPb Prov. Papua Barat, Purwadhi Adhiputranto dalam pertemuan tersebut juga menyampaikan apresiasi karena Aspek Keseimbangan Primer dalam Realisasi APBN TA. 2023 hasilnya sudah positif yang sejak TA. 2019 – TA.2022 hasilnya selalu negatif. Hasil ini mengindikasikan bahwa pengelolaan APBN di wilayah KPPN Manokwari sudah semakin membaik dan berimplikasi positif pada pertumbuhan dan pergerakan ekonomi.

Pertemuan juga dilanjutkan dengan sosialiasi kebijakan Pengelolaan APBN TA. 2024 yang difokuskan pada area-area tertentu yang mengalami perubahan dan akan diimplementasikan selama TA. 2024. Perubahan-peruabahan tersebut diharapkan dapat menjadi catatan penting bagi seluruh satuan kerja untuk diikuti dan disesuaikan agar keseluruhan aktivitas pelaksanaan anggaran benar-benar sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan.

Menarik bahwa dalam momentum tersebut, Balai POM di Manokwari mendapatkan 2 (dua) penghargaan sekaligus, yakni Peringkat 1 (satu) Satuan Kerja dengan IKPA 10M>Pagu>50M Terbaik Lingkup KPPN Manokwari TA. 2023 dan Peringkat 1 (satu) Satuan Kerja Pengguna Kartu Kredit Pemerintah Lingkup KPPN Manokwari TA. 2023. Balai POM di Manokwari juga mendapatkan apresiasi karena menjadi satu-satunya satuan kerja di wilayah KPPN Manokwari yang memiliki proporsi UP KKP yang lebih besar dari UP Tunai (60:40) dan juga menjadi satuan kerja tercepat dalam penyelesaian LPJ Bendahara.

Kehadiran secara langsung Kepala Balai POM di Manokwari dalam kegiatan Rapat Koordinasi dan Sosalisasi Pengelolaan APBN TA. 2024 ini merupakan wujud nyata komitmen dan keseriusan Kepala Balai POM di Manokwari untuk terus meningkatkan kinerja pengelolaan anggaran di tahun Anggaran 2024.

Pertemuan ini menjadi pertemuan yang sangat berharga yang harapannya selain untuk menumbuhkan semangat dan optimisme di awal tahun, juga menjadi ruang silaturahmi bagi seluruh Pimpinan K/L/PD yang bernaung di wilayah KPPN Manokwari untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam rangka menghadirkan pelayanan publik yang semakin baik ke depannya.

Sarana