RAPAT PENGENDALIAN INFLASI DAERAH BERSAMA TIM PENGENDALIAN INFLASI DAERAH (TPID) DAN LINTAS SEKTOR

16-03-2024 Manokwari Dilihat 151 kali

Manokwari (13/03/2024) - Kepala Balai POM di Manokwari, Agustince Werimon, S.Farm., Apt mengikuti rapat Pengendalian Inflasi Daerah bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan lintas sektor terkait serta penanggung jawab distributor pangan di aula Sasana Karya Pemda Kabupaten Manokwari. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga ketersediaan stok pangan dan bahan pokok lainnya di Kabupaten Manokwari menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri 1445 H.

Rapat dibuka dan dipimpin oleh Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan, Harjanto Ombesapu, SH. Dalam pertemuan tersebut Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Rishard H. Alfons, S.Sos menyampaikan bahwa inflasi di Kabupaten Manokwari naik jika dibandingkan dengan tahun lalu. Dimana inflasi per Februari 2024 sebesar 3.05%, sudah melebihi standar yaitu 2,5%. Sementara itu wakil TPID dari Bank Indonesia juga menyampaikan bahwa yang menjadi penyebab inflasi terbesar bersumber dari beras, tarif angkutan udara, rokok (Sigaret Kretek Mesin), bawang putih, dan tomat. Terdapat beberapa potensi risiko dalam pengendalian inflasi Papua Barat yaitu kondisi inflasi global yang masih tinggi, terbatasnya penerbangan, risiko kenaikan cukai hasil tembakau, dan adanya Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri. Dampak inflasi yang tinggi berakibat ketidakstabilan harga-harga di pasar, sementara penghasilan masyarakat tidak berubah. Hal tersebut menyebabkan menurunnya daya beli masyarakat.

Untuk mengendalikan inflasi, TPID melakukan upaya 4K yaitu Keterjangkauan harga, Kelancaran distribusi, Ketersediaan pasokan, dan Komunikasi efektif. Dalam waktu dekat, pemerintah daerah bersama distributor pangan di Kabupaten Manokwari akan melakukan gerakan pasar murah yang diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat dengan harga terjangkau.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Balai POM Manokwari berpesan kepada distributor pangan untuk selalu menjaga serta memastikan keamanan dan mutu produk pangan yang dijual kepada masyarakat dengan melakukan cek KLIK, yaitu Cek Kemasan, Label, Izin edar, dan Kadaluarsa.

Sarana