Tingkatkan Peran dan Partisipasi Masyarakat Desa di Kampung Wondiboy dan Kampung Wasior II, BPOM Manokwari laksanakan Bimtek Komunitas Desa

07-06-2024 Manokwari Dilihat 115 kali

Teluk Wondama – Balai POM di Manokwari melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis bagi Komunitas Desa Kampung Wondiboy dan Kampung Wasior II dalam upaya untuk mewujudkan keamanan pangan di lingkungan desa/kampung. Kegiatan dihadiri oleh seluruh kader keamanan pangan kedua desa tersebut yang berjumlah 40 orang dan 50 orang komunitas dari tiap desa yang terdiri dari kelompok komunitas ibu rumah tangga, komunitas masyarakat, komunitas sekolah guru, siswa dan penjaja kantin, komunitas ritel, komunitas pelaku usaha pangan siap saji dan Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP). Kegiatan bimtek dilaksanakan di aula kantor Distrik Wondiboy (05/06/2024).

Bimbingan teknis keamanan pangan untuk komunitas desa dilakukan dengan tujuan agar masyarakat desa memiliki pengetahuan dan pemahaman mengenai penerapan prinsip-prinsip keamanan pangan dan meningkatkan kepedulian terhadap keamanan pangan. Kegiatan bimtek dibuka oleh Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Muda Tim Kelompok Substansi Informasi dan Komunikasi (Infokom) Balai POM di Manokwari, Hadira Yenni, S.Si., Apt. Sebelum acara dimulai dilakukan gap assesment untuk mengetahui pengetahuan peserta tentang keamanan pangan berupa pre test dan dilanjutkan post test setelah pemaparan materi serta pemutaran video edukasi keamanan pangan.

Materi Bimtek disampaikan oleh perwakilan kader keamanan pangan dari Kampung Wondiboy dan KampungWasior II yang sebelumnya telah dilatih oleh Balai POM di Manokwari melalui Bimtek Kader Keamanan Pangan Desa (KKPD). Materi terkait 5 Kunci Keamanan Pangan Keluarga dan terkait Aplikasi Keamanan Pangan disampaikan oleh 2 kader Kampung Wasior II sedangkan materi terkait 5 Kunci Keamanan Pangan Siap Saji serta terkait Keracunan, Alergi dan Intoksikasi Pangan disampaikan oleh 2 kader kampung Wondiboy. Diakhir kegiatan dilakukan sesi diskusi dan tanya jawab bersama komunitas desa yang dipandu oleh tim Infokom BPOM Manokwari.

Sarana