Aksi Pengawasan PJAS oleh Balai POM Manokwari di Sekolah Dasar YPK 01 EFATA Fanindi

18-06-2014 Manokwari Dilihat 3322 kali

 

Semarak liburan sekolah mulai terasa, Para siswa-siswi Sekolah Dasar YPK 01 EFATA di Jalan Fanindi Manokwari pun harap-harap cemas terhadap hasil ujian yang telah dilaksanakan, mereka pun mengadakan acara pentas seni guna menyambut liburan serta melepas kepenatan. Demi menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Lembaga Pengawas, Balai POM di Manokwari melakukan kunjungan ke sekolah dasar ini untuk melindungi Jajanan Anak sekolah yang beredar di sekolah ini.

Sekolah dasar YPK 01 merupakan sebuah komplek sekolah yang terdiri dari mulai Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SMP) hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SMA). Siswa Sekolah Dasar pada umumnya belum memiliki kemampuan memilah dan memilih mana jajanan yang sehat atau sebaliknya, oleh karena itu Balai POM di Manokwari melihat hal tersebut berusaha untuk melindungi mereka dari efek buruk terhadap Jajanan Sekolah yang kurang baik.

Petugas Balai POM yaitu Eka Akhriana, S.Farm., Apt, Adi Rahmadi, S.Si., Apt dan Aan Sulistiawan, S.Farm., Apt mendatangi dan membeli Jajanan Sekolah baik yang berasal dari Dalam Sekolah maupun dari Luar Sekolah sekaligus mendata para pedagang yang biasa menjajakan di sekolah tersebut. Sampel yang telah dibeli kemudian di uji langsung diatas Mobil Laboratorium Keliling sehingga siswa-siswa dapat melihat langsung dan sekaligus memperkenalkan Mobil Laboratorium Keliling Balai POM.

Jajanan yang diuji antara lain pentolan, keripik singkong, keripik pisang, minuman es, pisang goreng, siomay, serta jajanan lainnya. Hal ini dimaksudkan agar tumbuhnya kesadaran dan pengetahuan dari siswa-siswi untuk dapat memilih jajanan yang sehat disamping itu juga menumbuhkan kesadaran bagi para pedagang untuk menyediakan makanan yang aman, sehat, dan bergizi. Harapan kami siswa-siswi dapat terlindungi dari Pangan Jajanan yang berisiko bagi kesehatan.

 

Balai POM di Manokwari

Sarana