Bimtek Kader Pangan dalam Rangka Community Empowerment untuk Usaha Pangan Desa dan Masyarakaat Desa di Manokwari

20-10-2014 Manokwari Dilihat 1903 kali

Pembangunan keamanan pangan dimulai dari individu, keluarga, hingga masyarakat, termasuk pula kelompok usaha yang terkait dengan bidang pangan. 

Pemerintah berkewajiban untuk terus meningkatkan penerapan  keamanan pangan di seluruh rantai pangan meliputi produksi, distribusi, dan konsumsi pangan sehingga semua lini terjamin keamanannya (from farm to table). Oleh karena itu, pada tanggal 13 Oktober 2014, Balai POM di Manokwari mengadakan kegiatan  Bimtek Kader Pangan dalam Rangka Community Empowerment untuk Usaha Pangan Desa dan Masyarakaat Desa di Manokwari. Kegiatan Bimtek ini dihadiri oleh kader guru, PKK, PKP (Penyuluh Keamanan Pangan), DFI (District Food Inspector), dan Karang Taruna.

Dalam kegiatan Bimtek ini, dipaparkan materi tentang Keamanan Pangan dan Pelaporan Kader oleh narasumber dari  Kepala Seksi Tata Operasional Direktorat  Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan Badan POM RI, Sarmauli N. Purba, S.Si., Apt. Setelah itu, dipaparkan juga materi tentang Kiat Keamanan Pangan untuk Rumah Tangga dan 5 Kunci Keamanan Pangan Keluarga oleh Kepala Seksi Penyuluhan Industri Rumah Tangga Direktorat  Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan, Dra. Novinar, Apt., M.Epid. Selanjutnya, materi tentang Materi Promosi Keamanan Pangan Anak Sekolah dan 5 Kunci Keamanan Pangan Anak Sekolah dipresentasikan oleh narasumber dari Balai POM di Manokwari.  

Adapun tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kemandirian masyarakat desa dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sampai pada tingkat perseorangan, sekaligus memperkuat ekonomi desa.

 

Salam,

Balai POM di Manokwari

Sarana