Bimtek Peraparan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB) bagi Pelaku Usaha UMKM Pangan Olahan

28-04-2024 Manokwari Dilihat 135 kali

Manokwari – Balai POM di Manokwari melaksanakan Bimbingan Teknis Penerapan Cara Produksi Pangan Olahan yang baik (CPPOB) bagi Pelaku Usaha UMKM Pangan Olahan pada tanggal 24-25 April 2024 di aula kantor BPOM Manokwari dan dikuti oleh 16 peserta dengan metode hybrid (peserta luring 12 orang dan daring 4 orang).

Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Balai POM di Manokwari dalam pendampingan UMKM pangan olahan untuk mendapatkan izin edar serta meningkatkan daya saing produk unggulan Provinsi Papua Barat.

Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB) adalah suatu pedoman yang menjelaskan bagaimana memproduksi pangan agar aman, bermutu dan layak untuk dikonsumsi. Sebelum memperoleh izin edar dari Badan POM, pelaku usaha wajib memperoleh sertifikat Izin Penerapan Cara Pembuatan Pangan Olahan Yang Baik (IP-CPPOB) terlebih dahulu. Oleh karena itu BPOM di Manokwari melakukan bimtek ini agar pelaku usaha memahami prosedur dan cara memperoleh IP-CPPOB.

Kegiatan dibuka oleh kepala Balai POM di Manokwari, Agustince Werimon, S. Farm., Apt. Dalam sambutannya, Agustince menyampaikan sistem pengajuan izin edar pangan olahan memerlukan komitmen penuh dari para pelaku usaha agar produk yang dihasilkan bermutu dan aman dikonsumsi.

Dalam kesempatan ini peserta Bimtek CPPOB mendapatkan sejumlah materi antara lain terkait Kebijakan Keamanan Pangan dan Program Pendampingan UMKM Pangan Olahan; Mengidentifikasi persyaratan CPPOB; Menetapkan dan mendokumentasi penerapan persyaratan umum penerapan CPPOB; Menetapkan Sanitation Standard Operating Procedures (SSOP); Menetapkan Prosedur Monitoring; Menetapkan Tindakan Koreksi ; Menetapkan Dokumen Rekaman; Mengembangkan Sistem Ketertelusuran di UMKM Pangan Olahan (Traceability); Audit Internal, Langkah persiapan Audit PSB dan menindaklanjuti (CAPA); serta simulasi dalam system OSS RBA untuk mendaptak PB UMKU Izin Penerapan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik dan Izin Edar Produk Pangan.

Dari hasil evaluasi kegiatan, seluruh peserta bimtek dinyatakan lulus setelah mendapatkan nilai minimal dari hasil post test yang dilakukan. 

Melalui kegiatan ini diharapkan pelaku usaha pangan olahan mendapatkan pemahaman terkait peraturan perundang-undangan dalam menjalankan usahanya. Selain itu masyarakat juga diharapkan menjadi konsumen cerdas dalam memilih pangan aman dengan selalu melakukan cek KLIK (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan Cek Kedaluwarsa) sebelum membeli atau mengkonsumsi pangan olahan.

Sarana