Mobil Laboratorium Keliling (Mobling) di SDN 01 Manokwari

08-05-2014 Manokwari Dilihat 4804 kali

 

Hari Jumat tanggal 11 April 2014, Petugas Balai POM yaitu Enggar Anitawati, M.Sc., Apt, Adi Rahmadi, S.Si., Apt dan Aan Sulistiawan, S.Farm., Apt berkunjung ke Sekolah Dasar Negeri 01 Manokwari yang beralamat di jalan Brawijaya Kabupaten Manokwari., Papua Barat. Di Sekolah ini petugas di bantu oleh Ibu Nina Kusminar, S.Pd selaku guru beserta guru-guru lain melakukan Komunikasi Informasi dan Edukasi mengenai bahaya Bahan Berbahaya yang digunakan pada Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) pada kesehatan serta aksi pengujian menggunakan jajanan sekitar sekolah dan luar sekolah menggunakan Test kit untuk membuktikan positif atau negatif makanan kantin sekolah dan jajanan sekitar sekolah terhadap formalin, Rhodamin B, Methanil yellow, dan Boraks.

Kunjungan Balai POM manokwari disambut meriah oleh para siswa – siswi SDN 01 Manokwari mulai dari kelas 4, 5, dan 6 memadati ruangan dua ruangan kelas yang disulap menjadi teater kecil untuk bersama-sama menonton film POMPI dan sekaligus sebagai ruang Komunikasi, Informasi dan Edukasi yang dilakukan oleh petugas dari Balai POM mengenai penjelasan jajanan anak sekolah agar terhindar dari tiga bahaya yaitu bahaya kimia, bahaya kuman dan bahaya fisik. Guru-guru pun ikut membantu jalannya acara tersebut.

Makanan yang diuji antara lain Nasi Kuning dan Mie berasal dari kantin sekolah dilakukan uji pewarna methanil yellow dan formalin, sambal diuji rhodamin B. Kemudian Bakso Bakar dilakukan uji boraks yang berasal dari jajanan sekitar sekolah. Hasil uji menggunakan test kit diperoleh hasil negatif. Hasil ini membuat tenang para guru-guru dan akan diinformasikan juga kepada orang tua siswa bahwa pangan jajanan yang siswa konsumsi aman dari bahan berbahaya.

Selain itu para guru pun berterima kasih atas kunjungan dari Balai POM di Manokwari dan meminta agar hal-hal positif seperti ini dapat terus berlangsung dan juga berharap adanya informasi yang luas mengenai Obat dan Makanan kepada anak-anak terlebih juga khususnya kepada para staf pengajar.

Demikianlah Mobil Laboratorium Keliling dan KIE yang dilakukan oleh Balai POM di Manokwari di Sekolah Dasar Negeri 01 Manokwari. Semoga dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa dan siswi dalam memilih jajanan yang sehat dan aman

 

Sarana